Bicara Sketsa (1)

Maret 16, 2018

Hai! Beberapa waktu lalu saya sempat ngomel-ngomel soal aktivitas menggambar saya yang tak lagi terasa nikmat di sini. Setelahnya, saya pun mengambil jeda. Tidak menggambar untuk beberapa saat. Sampai akhirnya saya bertemu orang-orang yang satu kegemaran dengan saya.

Satu di antaranya saya ceritakan berikut~

Sekitar pertengahan Januari lalu, saya berkesempatan bertemu seorang food-illustrator. Dia adalah narasumber saya. Iya, saat itu saya memang sedang dalam rutinitas mencari bahan tulisan mingguan untuk media tempat saya bekerja. Tercetuslah ide untuk menghubungi si ilustrator ini. Eh bliyonya langsung mau gitu untuk wawancara. Yeay~

19 Januari. Malam hari. Itu udah deadline sebenarnya. E tapi bodoamat yak, yang penting dapet bahan dan bisa ketemu idolak. Hahaha. Yak, saya memang super mengidolakan ilustrator ini. Sekaligus juga penasaran dengan si ilustrator yang tidak pernah menampakkan wujudnya di akun media sosial miliknya. Isinya gambar karya dia semuaa~

Ya udah sih dimulai ceritanya..kebanyakan intro kek lagu ja~ hhe.

Adalah Imam yang bukan imam masjid. Tapi dia Imam besar, paling tidak dibanding dirinya saat masih umur lima bulan dalam kandungan.

Oke. Dia adalah Imam Zakaria. Pemilik akun Instagram @kamisketsa. Saya amaze sama karya-karya dia. Kok bisssaaaa dia bikin gambar makanan dengan penampakan selezat wujud aslinya??

Saya berkesempatan nanya banyak hal soal hobi dia menggambar. Sesi tanya jawab pun terbagi jadi dua, pertama untuk tulisan saya, secara profesional, kedua sebagai kawan baru sesama hobi menggambar. Menyenangkan sekali sharing-nya. Bliyo banyak berbagi pengalaman dan perjalanan dia bertahan menggeluti apa yang menjadi kegemarannya.

Uhuu saya yang sudah excited sejak awal pun siap pasang telinga, mendengarkan apa yang diujarkan.

Ternyata doi emang suka corat-coret sejak kecil. Eh enggak ding, dia bilang gini, "Saya tu dulu pas kecil sukanya minta digambarin,". Berlanjutlah, pas SD dia suka ikut lomba nggambar. Ya sama kek saya juga gitu, suka ikut lomba gambar dari SD.

Begitu masuk SMK, iya dia SMK jurusan teknik industri atau apa gitu saya lupa, dia ikut klub komik di sekolahnya. Dari situ dia semakin rajin menggambar, suka bikin karakter-karakter gitu. Nggak langsung kuliah, dia kerja dulu lepas SMK. Baru habis itu dia kuliah.

Pengen kuliah yang ada nggambar-nggambarnya, dia ditawari desain interior. "Ditawari interior, tapi ora ah kaku, garis-garis." (nggak ah kaku, garis-garis doang ketemunya). Jadilah dia memilih kuliah jurusan DKV di ISI Jogja. Saya selalu suka part ketika orang menceritakan awal mula ketertarikan dia akan sesuatu yang dia tekuni. Sama kek ke Mas Imam ini.

Sampai saya pada pertanyaan, kok bisa Mas Imam jadi hobi sketsa makanan? Jadi, Mas Imam ini gemar jajan cari sarapan pagi di sekitaran rumahnya. Karena dia harus antre untuk beli makanan seperti bubur ayam, lontong sayur, dll, dia pun nunggu sambil nggambar sketsa.

Awal-awal dia melakukan itu, dia nggak langsung nggambar makanannya. Dia nggambar situasi di sekitarannya. Live sketch gitu dia.

Eh kelupaan, dia kenal sketching itu waktu nongkrong sama temennya di pasar. Ada kertas, terus iseng dia bikin sketsa. "Kok wangun" (kok keren) gitu kata dia. Dan waktu itu dia belum kepikiran bikin sketsa makanan, cuma mikir mau bikin sketsa soal Kotagede.

Ditambah, dia juga jadi kenal watercolor pocket. "Keren ki nggo dolan-dolan". (keren nih buat dibawa main). Dia juga banyak intip akun-akun urban sketch, sketch walker gitu. Jadilah dia tiap pergi-pergi bawa peralatan sketsa. Nyeketsa random aja dianya.

Saya masih terus tekun menyimak cerita Mas Imam yang tampak kalem, bersahaja, dan agak malu-malu ini. Ya gitu, saya cem blind-date gitu, banyak nanya...dan nanti akhirnya saya juga bakal ditanya banyak sama Mas Imam soal profesi saya dan kegemaran saya. Asique.

Mau tau saya nanya apa aja ke Mas Imam dan Mas Imam nanya apa aja ke saya? Next post yak, nanti capek bacanya. Biar klean kangen dulu~

Nih aku kasih bonus capture akun Instagram dia aja







Eeeh, ketinggalan, satu lagi akun Instagram tukang sapu ketombe di lapangan bola nih~







You Might Also Like

0 komentar

Subscribe